AKU PINTAR 2015: Kreasi Mimpi


Ada yang berbeda pagi itu tanggal 30 Juli 2015 di SDN Ngadas 02 Desa Ngadas, Poncokusumo, Kab. Malang. Hari itu merupakan hari dilaksanakannya Aku Pintar 2015 bagian pertama. Apasih Aku Pintar itu, Leaders? Aku Pintar merupakan salah satu program IFL Malang yang bertujuan untuk memberikan edukasi yang bersifat fun kepada anak-anak yang kurang beruntung yang berada di pinggiran kota/kabupaten Malang. Program Aku Pintar ini tidak hanya melibatkan IFL Malang tetapi juga melibatkan Pengajar Muda dan komunitas yang ada di Kota Malang dan sekitarnya.

(dok.DeKSI)
Seperti yang Leaders sudah ketahui sebelumnya, program Aku Pintar bukan pertama kali diadakan. Sebelumnya, Aku Pintar telah diadakan di SDN Taji II Desa Taji, Kec. Jabung, Kab. Malang. Apa sih yang berbeda dari program Aku Pintar kali ini? Program Aku Pintar kali ini dibagi menjadi enam bagian, dan masing-masing bagian diadakan sekali setiap bulan. Lalu, ada apa aja sih di Aku Pintar 2015 kali ini?


(dok.DeKSI)
Aku Pintar pagi itu dimulai dengan sarapan bersama adik-adik SDN Ngadas 02 dan perkenalan L.O serta Pengajar Muda. Ada kak Mutia, kak Adib, kak Tiara, kak Aidha, dan perwakilan dari komunitas 1000 Guru. Kakak-kakak tersebut adalah kakak-kakak yang bertugas mendampingi adik-adik SDN Ngadas 02 selama acara berlangsung. Saat sarapan bersama, adik-adik SDN Ngadas 02 dibagi menjadi tiga kelompok besar yang masing-masing kelompok didampingi oleh dua kakak pendamping. Setelah sarapan bersama, adik-adik SDN Ngadas 02 dibimbing menuju lapangan sekolah untuk menjalani prosesi pembukaan program Aku Pintar 2015. Prosesi pembukaan Aku Pintar dibimbing oleh kak Selma dan kak Reno sebagai Master of Ceremony (MC) dan diisi oleh sambutan-sambutan dari Anggria Ahda selaku Ketua Pelaksana, Alfath Utomo selaku Direktur Eksekutif IFL Malang, Bapak M. Zakaria Sp.D. selaku Kepala Sekolah SDN Ngadas 02, serta perwakilan dari UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Acara yang hari itu bertemakan Kreasi Mimpi dilanjutkan dengan games dari yang sudah disediakan oleh panitia.


Adik-adik SDN Ngadas 02 sedang bermain eliminasi kursi
(dok.DeKSI)
Pada hari itu ada dua games yang dimainkan oleh adik-adik SDN Ngadas 02. Yang pertama merupakan games eliminasi kursi dan dilanjutkan dengan games kelereng dalam sendok. Pada games pertama, adik-adik SDN  Ngadas 02 dibagi menjadi tiga kelompok. Sedangkan pada games kedua, kelompok sebelumnya dibagi lagi menjadi dua kelompok kecil yang saling bersaing. Setelah lelah bermain games, acara dilanjutkan dengan makan siang dan istirahat bersama dengan adik-adik SDN Ngadas 02. Perut penuh setelah makan siang, adik-adik SDN Ngadas 02 dibimbing menuju lapangan untuk menari dan senam kecil bersama. Acara siang itu di SDN Ngadas 02 ditutup dengan pembagian hadiah bagi adik-adik yang pada sesi sebelumnya.


Kalau mau menang games harus semangat dong!
(dok.DeKSI)
Wah, udah acaranya seru, dikasih hadiah lagi!
(dok.DeKSI)


























Adik-adik SDN Ngadas 02 bersama kakak-kakak panitia dan komunitas.
(dok.DeKSI)
Antusiasme adik-adik SDN Ngadas 02 sayangnya harus diakhiri siang hari itu. Keseruan Aku Pintar yang akan datang pastinya tidak akan kalah dengan Aku Pintar bagian Pertama ini. Jadi, tunggu cerita-cerita kami berikutnya di SDN Ngadas 02 yah, Leaders!