AKU PINTAR 4: “The Champion”

 Hai, Leaders! Aku Pintar ke 4 ini adalah rangkaian terakhir yang dilakukan dalam program Aku Pintar 2016 yang bertepatan pada tanggal 21 Januari 2017. Pada rangkaian terakhir ini, konsep yang disajikan adalah perlombaan dengan tema “The Champion” dengan tujuan agar menambah erat hubungan adik-adik yang sekolah atas dan adik adik di sekolah bawah SDN Wonorejo 4 serta agar dapat melatih kemampuan mereka untuk berkompetisi secara baik. Dalam perlombaa pada hari itu ada calistung, cerdas cermat, menyanyi, baca puisi, fashion show, dan storytelling.





Seperti biasa, Aku Pintar dimulai pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan lomba Calistung yang diikuti oleh 2 kelompok berisikan 3 anggota dengan pertanyaan 10 soal pilihan ganda dan 5 isian. Selain itu ada juga lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 5 kelompok. Lomba cerdas cermat adalah lomba yang paling menarik dan ramai dengan sorak sorai dari penonton. Kemudian dilanjutkan dengan lomba menyanyi yang tidak kalah seru.


Masuk pada rangkaian acara yang selanjutnya yaitu lomba baca puisi. Disinilah adik-adik menunjukan bakatnya dalam membaca puisi. Nada, intonasi, dan mimic wajah serta penghayatan yang ditampilkan penonton juga terbawa suasana haru mendengar peserta lomba dalam membaca puisi. Setelah lomba membaca puisi, saatnya adik-adik menunjukkan rasa percaya diri dalam menampilkan gaya mereka di rangkaian acara fashion show. Rangkaian acara lomba ditutup dengan lomba storytelling dimana adik-adik SD Wonorejo 4 menceritakan tentang diri mereka dari keperibadian mereka sampai keluarga dan teman-teman mereka.

Aku Pintar 4 ditutup dengan pembagian hadiah untuk adik-adik yang sudah memenangkan lomba pada hari itu dilanjutkan dengan pembagian rapot selama rangkaian Aku Pintar satu sampai empat sekaligus penyampaian kesan dan pesan oleh ketua pelaksana, perwakilan dari adik-adik SDN Wonorejo 4 dan kesan pesan dari kepala sekolah dilanjutkan dengan doa bersama dan pembagian makan siang.


Itulah rangkaian lengkap dari program Aku Pintar 4. Walau Aku Pintar 2016 sudah berakhir, bukan berarti teman-teman dari IFL Chapter Malang berhenti dalam perjuangannya. SDN Wonorejo 4 akan terus diberikan dengan berusaha untuk melakukan advokasi, mendorong pemerintah agar memperbaiki dan memperhatikan SDN Wonorejo yang selama ini tertinggal.


(SF, RMR)


 “Mendidik adalah kewajiban bagi orang-orang terdidik.” 


Anies Baswedan