AKU PINTAR 3: “Menjangkau Jendela Dunia”

 Hai, Leaders! Masih ingat cerita kami dari SDN Wonorejo 4 Singosari, kan? Aku Pintar 2016 yang ketiga telah diadakan pada tanggal 14 Januari 2017. Pada Aku Pintar 3 dengan tema “Menjangkau Jendela Dunia” IFL Chapter Malang membuat konsep untuk mengasah para adik-adik untuk berlatih bahasa inggris. Sedikit mengingat saat Aku Pintar 2, kakak-kakak dari IFL Chapter Malang sudah memperkenalkan lagu wajib nasional kepada adik-adik SDN Wonorejo 4 Singosari. Wah pasti bakal seru banget kegiatanya yuk disimak keseruannya leaders!

Dengan antusias tinggi dari adik-adik SDN Wonorejo 4 yang sudah datang sebelum panitia datang, Aku Pintar 3 dimulai pukul 08.00 WIB oleh Master of Ceremony (MC) dan dilanjutkan dengan mengikuti rangkaian pertama yaitu membaca. Panitia membagikan buku bacaan kepada adik-adik dengan satu persatu dan didampingi oleh kakak LO. Adik-adik SDN Wonorejo 4 diberikan waktu selama 20 menit untuk membaca setelah itu mereka diajak untuk menceritakan buku yang telah dibaca kepada teman-temannya. Suasana pada saat itu tidak hanya serius tetapi juga tercampur dengan keseruan gelak tawa adik-adik SD dan kakak-kakak LO.


Rangkaian acara selanjutnya yaitu pelajaran Bahasa Inggris. Kakak-kakak panitia  memberikan games bertemakan Bahasa Inggris dimulai dari perkenalan, lalu bermain acak kata dan bermain tebak gambar. Tebak gambar adalah bagian terseru karena dibuat seperti kompetisi, kelompok yang paling cepat dan paling banyak menebak maka merekalah pemenangnya! Setelah sesi kedua selesai, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan ice breaking. Sebelum makan, kakak-kakak dari IFL Malang juga mengajarkan cuci tangan yang baik serta berdoa sebelum makan. Harapannya, kebiasaan baik ini dapat diingat terus oleh adik-adik SDN Wonerejo 4 Singosari.




Masuk pada rangkaian akhir yaitu acara nasionalisme. Disini adik-adik SDN diingatkan dan dikenalkan dengan lagu wajib nasional seperti Indonesia Raya, Tanah Airku, Halo Halo Bandung, Rayuan Pulau Kelapa, dan masih banyak yang lainnya. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan bersama-sama kakak-kakak IFL Malang. Ketika ada nada lagu yang salah dari adik-adik, kakak-kakak IFL Malang membantu untuk mebenarkan. Keseruan pun berlanjut pada penutup Aku Pintar 3 dengan dilakukannya pendaftaran untuk perlombaan di Rangkaian Aku Pintar selanjutnya.


Itulah rangkaian lengkap dari program Aku Pintar 3 dengan penuh semangat dan keceriaan dari kakak-kakak panitia, komunitas, maupun adik-adik SDN Wonorejo 4. Nantikan rangkaian Aku Pintar lainnya yaa Leaders!


(RMR, SF)


Education without values, as useful as it is, seems rather to make man a more clever devil." 

C.S. Lewis