Aku Pintar - Kreasi Mimpi #6



Malang, Indonesia, 12-13 Desember 2015Halo, Leaders! Masih ngikutin kan cerita IFL Chapter Malang di Desa Ngadas? Tanggal 12 – 13 Desember 2015 kemarin, Aku Pintar diadakan untuk ke-enam kalinya di SDN Ngadas 02 Desa Ngadas, Poncokusumo, Kab. Malang. Yang merupakan akhir dari rangkaian program Aku Pintar pada tahun ini. Pada kali ini, tim Aku Pintar bekerjasama dengan Diknas Kota Malang untuk memberikan motivasi kepada orang tua murid dan komunitas 1000 Guru untuk memberikan Fun Education ke adik – adik SDN Ngadas 02. Nah mau tau, apa aja sih keseruan kegiatan Aku Pintar pada kali ini?



Jika pada Aku Pintar ke-5 kemarin bertemakan tentang pendidikan karakter dengan mengajarkan tentang seni budaya dengan mengajak adik – adik di SDN Ngadas 02 untuk bernyanyi bersama menyanyikan lagu – lagu daerah dan nasional dan juga fashion show. Pada Aku Pintar ke-6 kali ini merupakan lanjutan dari Aku Pintar ke-5. Yang dimana para adik – adik di SDN Ngadas 02 ini akan menampilkan pertunjukan berupa tarian dan menyanyikan lagu – lagu daerah dan nasional dan juga fashion show yang disaksikan langsung oleh guru dan orang tua dari adik – adik SDN Ngadas 02.


Pada pertemuan ke-6 ini, semangat dan keceriaan dari adik – adik SDN Ngadas 02 menyambut tim Aku Pintar dapat digambarkan dari antusiasnya mereka menyambut kedatangan dari tim Aku Pintar. Pada pagi hari kegiatan pertama Aku Pintar yaitu penyuluhan dan memberikan motivasi kepada wali murid SDN Ngadas 02 yang disampaikan oleh Diknas Kota Malang terkait fasilitas dan sekolah gratis apabila melanjutkan pendidikan anak mereka ke jenjang smp. Dan tidak luput motivasi untuk para orang tua agar berusaha meneruskan pendidikan dan cita – cita anak – anak mereka kedepannya. Selesai kegiatan penyuluhan dan memberikan motivasi kepada wali murid SDN Ngadas 02 berakhir, para wali murid diajak untuk makan siang bersama dengan diselingi pemutaran video seluruh rangkaian kegiatan Aku Pintar ke-1 hingga Aku Pintar ke-5. Senyum dan tawa para wali murid pun tak terhiraukan lagi mereka merasa senang dan terhibur ketika anak – anak mereka ada dalam video tersebut.

Kegiatan selanjutnya di isi dengan pertunjukan berupa tarian dan paduan suara menyanyikan lagu – lagu daerah dan juga fashion show baju daerah oleh adik – adik SDN Ngadas 02 dari hasil latihan di Aku Pintar ke-5 yang disaksikan langsung oleh guru dan orang tua dari adik – adik SDN Ngadas 02. Tidak lupa kegiatan ini dibimbing oleh kak Fathnal sebagai Master of Ceremony (MC) dan diisi oleh sambutan – sambutan dari Anggria Ahda selaku Ketua Pelaksana, dan Alfath Utomo selaku Direktur Eksekutif IFL Chapter Malang. Adik – adik SDN Ngadas 02 terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. Begitu pula dengan para orang tua adik – adik SDN Ngadas 02 yang menyaksikan anak – anak mereka menampilkan suatu pertunjukan yang dapat memperlihatkan semangat dan antusias belajar anak – anak mereka. Setelah adik – adik menampilkan pertunjukan kegiatan selanjutnya yaitu berupa fun games yang ikut dibantu oleh Komunitas 1000 Guru untuk melancarkan jalannya kegiatan Aku Pintar kali ini. Di akhir acara dilanjutkan dengan pembagian rapot Aku Pintar yang berisikan penilaian berupa bintang, foto dan kalimat motivasi agar para adik – adik semua dapat terpacu untuk mewujudkan cita – citanya. Hal ini adalah sebagai reward tim Aku Pintar terhadap murid – murid SDN Ngadas 02.

Seluruh rangkaian kegiatan ini kemudian diakhiri dengan field trip melihat padang savana G. bromo yang berada di kawasan TNBTS, Kabupaten Malang yang dilaksanakan pada hari kedua. Kegiatan yang dilakukan oleh tim Aku Pintar dan adik – adik SDN Ngadas 02 disana berisikan acara menggambar pemandangan dan makan siang bersama – sama. Canda tawa pun menghiasi makan siang bersama kali ini mengingat keakraban yang dijalin oleh kakak – kakak tim Aku Pintar terhadap adik – adik SDN Ngadas 02 yang semakin rekat hingga mereka sudah tidak canggung lagi untuk bermain bersama kakak – kakak tim Aku Pintar.

Berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan Aku Pintar kali ini, berakhir pula program Aku Pintar pada tahun ini. Dengan berakhirnya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi murid – murid SDN Ngadas 02 dan juga dapat memotivasi mereka agar dapat meningkatkan semangat belajar dan jangan takut untuk bermimpi, demi mengejar cita – cita yang diinginkan oleh murid – murid SDN Ngadas 02, walaupun mereka mengalami keterbatasan akses dan fasilitas pendidikan yang masih minim. Dan harapan kita adalah dapat membantu mewujudkan cita – cita mereka. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa yang akan membangun dan memimpin Indonesia mendatang.
(Agg)